Makalah word 2007 home dan insert


WORD 2007 HOME DAN INSERT








Tugas Kelompok Mata Kuliah Metode Pengantar Komputer
Oleh Kelompok I:

Nurlaila                        2015.02.022
Pitri Amelia                  2015.02.024
Prima Jassinta              2015.02.025
Sadariah                       2015.02.029

Fakultas/Prodi : Tarbiyah/PIAUD


Dosen Pengampu: Ferry Haryadi, S.Pd.I

PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL QURAN
AL-ITTIFAQIAH
INDRALAYA OGAN ILIR SUMATERA SELATAN
2018

A.    HOME
Tab ini memiliki fungsi untuk menyunting properti-properti tulisan seperti halnya mengganti font yang digunakan dalam lembar dokumen Microsoft word 2007, ukuran font yang diinginkan atau bahkan hingga penempatan paragraph sehingga tulisan akan menjadi lebih rapi. Bagi yang sangat suka menulis menggunakan Microsoft word ini, tentu tidak akan asing dengan Tab ini.[1]
Pada tab Home, terdiri dari 5 sub tab, yakni :
1.      Clipboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
a.       Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
b.      Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
c.       Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
d.      Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.

* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.

2.      Submenu Font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
a.       Font : untuk memilih jenis huruf
b.      Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
c.       Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
d.      Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
e.       Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
f.       Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
g.      Bold : untuk menebalkan teks terpilih
h.      Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
i.        Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
j.        Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
k.      Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
l.        Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
m.    Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
n.      Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
o.      Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.

3.      Paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:[2]
a.       Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
b.      Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
c.       Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
d.      Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
e.       Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
f.       Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
g.      Sort : untuk menyortir data
h.      Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraph
i.        Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
j.        Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
k.      Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
l.        Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
m.    Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
n.      Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

4.      Styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
a.       Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
b.      Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraph

5.      Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
a.       Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
b.      Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
c.       Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

B.     INSERT
Tab insert ini digunakan untuk mempercantik tampilan dokumen untuk memasukkan gambar/foto ke dalam lembar kerja. Tab insert ini dapat dikatakan tab yang mendukung tab home sehingga lembar kerja yang kita buat menjadi lebih menarik dan rapi.
Pada Tab Insert, terdiri atas 7 Sub Tab yang sangat berguna yaitu :[3]
1.      Pages
a.       Cover page: Berfungsi untuk mengganti cover halaman micrososft word. Contohnya secara defoult halaman sampul microsoft word hanya polos, Nah untuk mengganti halaman sampul dengan tampilan yang ilegan, kita dapat menggunakan fasilitas cover page.
b.      Blank Page: Berfungsi untuk membuat halaman kosong baru. Jika kita membuat halaman kerja, secara defoult kita hanya punya 1 halaman. Dan jika kita ingin membuat dan menambahkan halaman kosong dapat memanfaatkan blank page.
c.       Page Break: Berfungsi untuk memisahkan paragraf dengan halaman berbeda. hampir sama dengan dengan blank page, bedanya dengan page break adalah kita dapat memisahkan pragraf dengan halaman yang berbeda.

2.      Tabels
a.       Tables: Digunakan untuk membuat dan menambahkanya table di halaman kerja. contohnya jika kita ingin membuat sebuah laporan dan membutuhkan kolom-kolom, kita dapat membuatnya melalui icon tables. dan untuk batasan kolom secara defoult hanya 10 kali 8, bagaimana jika ingin menambahkan jumlah kolom yang lebih banyak? Kita dapat mengaturnya melalui "inser table". melalui inser table kita dapat menambahkan jumlah kolom yang kita inginkan.

3.       Ilustrations
a.       Picture: di gunakan untuk menambahkan atau menyisipkan file gambar. Untuk menambahkan file gambar dihalaman kerja microsoft word, kita dapat menambahkan gambar melalui menu gambar dan kita akan diarahkan ke file komputer untuk memilih gambar
b.      Clip Art: Berfungsi untuk menyisipkan gambar dari folder clip art (yang tersedia di library program).
c.       Shapes:di gunakan untuk menambahkan gambar seperti: line,basic shapes, block arrows, Flowchart, callouts, start dan barnner.
d.      SmartArt: di gunakan untuk menambahkan icon list, procces, Cyde, Hierarchy, Relationship, matrix, Pyramid menggunakan graphic.
e.       Chart: digunakan untuk menambahkan grafik column, line, pie, bar, area, x y (scatter), stock, surface, doughnut, bubble, dan radar.

4.      Links
a.       Hyperlink: di gunakan untuk menambahkan url website. sebagi contoh jika kita ingin menambahkan alamat website di salah satu teks yang kita inginkan kita bisa menambahkanya melalui menu hyperlink.
b.      Bookmark: berfungsi untuk membuat halaman favorit.
c.       Cross-reference: di gunakan untuk membuat halaman refensi atau rujukan.

5.      Header and Footer
a.       Header: di gunakan untuk membuat header di halaman kerja atas. contohnya jika kita ingin menambahkan judul atau nama perusahaan di kepala dokumen, sahabat dapat memanfaatkan menu header.
b.      Footer: di gunakan untuk membuat fotter. hampir sama dengan menu header, bedanya terletak di bawah halaman dokumen.
c.       Page Number: di gunakan untuk membuat nomor di header dan footer halaman kerja.

6.      Text
a.       Text Box: di gunakan untuk menbuat teks di dalam kotak. Untuk dapat menambahkan teks di dalam kotak tentu di dalam halaman, kita bisa membuatnya melalui menu text box.
b.      Quick Parts: digunakan untuk mengatur teks secara otomatis.
c.       WordArt: Digunakan untuk mengubah teks dengan gaya yang ingin kita gunakan sebagai contoh, jika kita ingin mengubah teks dengan gaya 3 dimensi dapat menggunakan menu quick parts.
d.      DropCap: sering di gunakan untuk memperbesar huruf di awal paragraf dengan berbagai gaya teks.
e.       Signature Line: di gunakan untuk membuat tanda tangan dan nama.
f.       Date dan Time: digunakan untuk menambahkan tanggal dan waktu di halaman kerja.
g.      Object: Di gunakan untuk menambahkan file di halaman kerja contohnya file pdf.

7.      Symbol
a.       Equation: digunakan untuk menambahkan simbol-simbol persamaan yang sering digunakan untuk matematika.
b.      Symbol: digunakan untuk menambah kan simbol-simbol.



[1]Jurnal Panduan Penggunaan Microsoft Office Word 2007, pdf
[2]Jurnal Panduan Penggunaan Microsoft Office Word 2007, pdf

[3]Jurnal Panduan Penggunaan Microsoft Office Word 2007, pdf



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT FOOTNOTE DAN DAFTAR ISI OTOMATIS

fungsi if dalam ms excel